JUAL IKAN ARWANA

Ya, adalah ikan Arwana platinum. Ini yang berukuran 15″ Arwana platinum inid imiliki oleh Dinasti Aro, di Singapura yang berbasis peternak ikan.Sambil bertanya-tanya apa yang membuat Arwana platinum ini begitu mahal?Ada alasan khusus untuk itu. The Platinum Arowana harus sempurna tanpabintik-bintik putih dari warna lain di tubuhnya yang membuatnya menjadisalah satu ikan akuarium paling mahal di dunia.Apa yang membuat ikan akuarium ini menjadi yang termahal di dunia adalahbahwa Arwana platinum memiliki warna putih yang paling langka yangmerupakan hasil dari beberapa jenis mutasi alam. Arwana umumnya tidakbegitu mahal, tapi ini merupakan pengecualian dan hanya ada di beberapaperairan unik yang hidup dengan caranya sendiri. Ikan ini dari spesies Osteoglossum yang kebanyakan ditemukan di Amerika Selatan.
Meskipun mereka mahal namun salah satu masih bisa mencoba untuk membeli ikan akuarium ini paling mahal di dunia dari dealer terkenal. Kadang-kadang sehingga terjadi bahwa beberapa mutasi pada spesies mahal membuat mereka paling langka langka. Ini lonjakan harga mereka ke langit. Ikan akuarium yang paling mahal di dunia juga merupakan mutan dari platinum arwana. Ini ikan akuarium paling mahal di dunia telah mengalami semacam mutasi yang telah memberi warna putih yang sempurna, bahkan pada permukaan dorsal. Hal ini membuatnya menjadi ikan akuarium yang paling mahal dari ikan-ikan langka lainnya.
Ikan akuarium ini adalah yang termahal di dunia yaitu Arowana platinum dan ditawar harga yang sangat tinggi dari £ 200,000 beberapa tahun yang lalu. Harga ini ditawar oleh importir Arowana Inggris tapi ditolak. Ini ikan akuarium paling mahal di dunia dengan ukuran sekitar 40 cm atau 15 “. Ikan ini memiliki penampilan yang menakjubkan dan hebat Bisakah anda percaya bahwa ini ini adalah ikan akuarium paling mahal didunia, platinum Arowana ditawar dengan harga $ 80.000 baru-baru ini? Pemilik ikan ini, seorang peternak ikan Naga, menolak tawaran ini. Dia mengatakan bahwa ini adalah spesies ikan langka, yang didambakan oleh semua orang yang ingin memiliki akuarium ikan yang paling mahal, tidak untuk dijual di pasar. Pengoleksi ikan spesies langka pasti merasa gelisah dengan berita ini. Dinasti Aro pemilik mengatakan bahwa ini adalah satu-satunya ikan dari sejenis di Singapura sehingga implikasi bahwa mungkin tidak tersedia di tempat lain juga.


TIDAK afdol rasanya kalau tidak melihat secara keseluruhan. Kubu Raya ternyata masih memiliki panorama menarik. Salah satunya beragam tempat penangkaran Ikan Arwana. dan anakan ikan arwana atau bibit ikan arwana di hargai Rp100ribu-Rp150ribu.kalau yang sudah berumur dawasa bisa mencapai ratusan juta rupiah,karna sekarang populasinya yang semakin berkurang dan di buru  banyak orang untuk di jadikan ikan hias.

Tempat-tempat penangkaran Arwana (scleropages formosus) bertebaran letaknya. Di Kecamatan Sungai Raya beberapa pengusaha menangkarnya secara modern. Mereka membuat kolam, memelihara dalam jumlah besar sejak kecil hingga besar. Lalu memasarkannya ke luar Indonesia. Sayang, tempat-tempat seperti begini tidak bisa dikunjungi sebagai areal wisata.

“Kedepan pemerintah harus membujuk para penangkar arwana supaya menjadikan tempatnya sebagai salah satu tempat kunjungan wisatawan,” kata Abdullah, warga Jakarta yang tertarik dengan arwana Kalbar dan Kubu Raya ini. Banyaknya tempat-tempat penangkaran menjadikan Kubu Raya sebagai tempat penghasil ikan naga terbesar. Sayang, pemerintah belum mampu mengkoordinir pengelolanya untuk dijadikan tempat wisata menarik. Kalau kedepan mampu dikelola, maka kabupaten termuda di Kalbar ini akan lebih dikenal dengan sebutan tempat wisata Ikan Arwana.

                                                                      IKAN ARWANA

Arwana mempunyai nama latin Scleopages sp. Arwana disebut ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese, atau arowana. Arwana sering di anggap sebagai ikan keberuntungan yang dapat mendatangkan hoki dan dipercaya dapat menjaga rumah dari arwah pengganggu.
Arwana mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, arwana juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawahnya. Sungut tersebut berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa. Gerakan renang arwana sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau menambah indah sosok arwana.
Arwana termasuk jenis ikan yang dilindungi karena ketersediaannya di alam dalam jumlah yang terbatas. Hal inilah yang menyebabkan mahalnya harga arwana. Meskipun harganya termasuk mahal, namun arwana tetap diminati oleh bayak orang karena keindahannya.
Berikut ini adalah jenis-jenis arwana yang berkembang di seluruh dunia:

1. Arwana Super Red
Arwana jenis ini berasal dari Indonesia, tepatnya di pulau Kalimantan bagian barat di sungai kapuas dan danau sentarum. Arwana jenis ini pada dasarnya terbagi lagi menjadi beberapa varietas berdasarkan warna, yaitu warna merah darah (blood red), merah cabe/cabai (chili red), merah oranye (orange red).
Arwana Red
Arwana jenis ini sudah memiliki warna merah pada sirip, ekor, dayung dan sungut sejak kecil yang kemudian akan muncul juga di bagian pipi dan pinggir insang. Ring akan mulai terlihat sejak mencapai ukuran 25 cm, namun belum mengeluarkan warna merah. Warna merah pada badan akan mulai keluar saat ikan berumur kurang lebih 3-4 tahun. Namun para hobiis sering kali menggunakan trik-trik untuk membantu mempercepat perkembangan warna, seperti tanning, pemberian pakan yang bagus untuk perkembangan warna, atau dengan menempatkan ikan di kolam yang terkena sinar matahari langsung.

Arwana super red merupakan salah satu varietas arwana kebanggaan Indonesia. Keanggunan dan warnanya membuat arwana jenis ini sangat di gemari para hobiis di seluruh dunia.
Harga Rp.6.800.000
2.Cross Black Golden Arwana (X Black Golden)
Arwana Cross Black Golden
Varietas cross back golden / x back golden ini berasal dari Malaysia, seperti di daerah Perak, Johor, Bukit Merah dan Trengganu. Golden cross back / x back merupakan salah satu dari varietas arowana golden.
Arwana ini di sebut cross back / x back karena pada saat dewasa ring pada sisik bisa sampai melewati punggung. Warna emas yang dimiliki arwana varietas ini cenderung lebih terang/mengkilap. Golden cross back sedikit susah untuk di dapatkan, sehingga harganya pun lebih mahal dari varietas lainnya seperti Super Red.
Yang unik dari varietas ini adalah warna dasarnya yang beragam, mulai dari blue base, purple base, silver base dan gold base. Khusus untuk jenis yang memiliki warna gold base, lebih cepat mencapai warna yang penuh (umur muda).
Harga Rp.-6000.000

3.Red Tail Golden Arwana
Red Tail Golden

Red tail golden adalah salah satu varietas golden yang berasal dari Indonesia, khususnya Pekan baru - Sumatera. Arwana jenis ini sifatnya lebih agresif dari Cross Black Golden. Seperti halnya XCross Black Golden, arwana ini juga memiliki keragaman warna dasar/base color seperti, blue base, green base dan gold base. Arwana ini dapat tumbuh lebih besar dari pada Cross Black Golden.
Kekurangan dari arwana ini adalah warna sisik pada umumnya tidak bisa sampai melewati punggung dan hanya sampai pada level sisik ke 4 (dihitung dari bawah badan ke atas).
Harga varietas ini lebih murah dari super red, meski demikian arwana ini tetap memiliki kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya.
HargaRp. 4.200.000
3.Green Arwana (Arwana Pino)
Green Arwana
arwana silver panjang +- 50cm, sehat lincah tanpa cacat
Disebut green arwana karena jenis ini memiliki warna dasar hijau. Meski pun tidak memiliki ring (warna mengkilap di pinggir sisik) seperti saudaranya Super Red, Red Tail Golden/ Cross Black Golden, green arwana juga memiliki keindahan tersendiri. Varietas ini bisa ditemukan di Malaysia, Kamboja, Thailand, Indonesia & Myanmar. Green arwana biasa dikalangan hobbies di sebut arwana pino.
Harga Rp.4000.000-
4.Banjar Red Arwana
Banjar Red Arwana
Jenis ini sering kali dianggap sebagai varietas arwana merah kelas dua. Walau begitu, jenis ini tetap memiliki ciri & khasnya sendiri. Sehingga para hobiis masih tetap memburu arwana jenis ini sebagai koleksi. Warna sisiknya yang memiliki warna dasar kehijauan & membentuk seperti tapal kuda dan sedikit merah muda di usia dewasa membuat arwana jenis ini cukup unik. Banjar red di usia mudanya, ukuran 10-15 cm terlihat sangat mirip dengan arwana super red. Dari warna ekor dan sirip yang kemerahan, begitu juga dengan dayung hampir sama dengan arwana super red. Namun setelah mencapai ukuran 15-20 cm pada umumnya warnanya mulai berubah. Ekor mulai terlihat oranye. Banjar red tidak memiliki ring pada umumnya, sama halnya dengan green arwana. Harga dari banjar red pun lebih mahal dari green arwana (pino).
Harga Rp. 1.800.000
5.Jardini Arwana (Arwana Irian)
Jardini Arwana
Warna yang dimiliki varietas arwana ini cukup unik. Warna dasarnya adalah hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kuning ke emasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip & ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian. Maka dari itu jenis ini juga terkadang disebut arwana Irian oleh para hobiis.
Jardini arwana sebenarnya ada dua jenis warna, yaitu warna dasar lebih gelap dan yang lebih terang. Yang memiliki warna dasar lebih gelap adalah scleropages jardini dan yang memiliki dasar lebih terang adalah scleropages leichharti.
Harga Rp. 3.500.000
6.Silver Arwana (Brazil)
Silver Arwana
Arwana Brazil atau biasa disebut Arwana Silver memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai pada ujung ekor memberi kesan yang sangat anggun saat berenang. Arwana ini dapat tumbuh sampai 50 - 60 cm. Jenis ini berasal dari Amerika Selatan, namun saat ini sudah dapat di kembang biakkan di indonesia. Memang harga dari Arwana jenis ini lebih murah dari jenis Jardini. Namun jika arwana ini sudah berukuran besar sangat indah untuk di pandang.
Belakangan tersiar kabar bahwa jenis ini sudah ada dengan warna platinum silver (warna silvernya menyerupai warna platinum & merata di seluruh tubuhnya).
Harga Rp. 2.000.000
7.Silver Black Arwana
Silver Black Arwana
Varietas ini juga berasal dari Amerika Selatan dan memiliki bentuk tubuh yang sama dengan silver arwana, namun pada bagian sirip sampai ekor memiliki warna hitam. Konon warna hitam tersebut lambat laun akan memudar saat arwana mulai dewasa.
Harga Rp. 2.000.000
8.African Arwana (Arwana Afrika)

6 Responses to “JUAL IKAN ARWANA”

  1. Terimakasih, kalo arwana super red, berapah harganya?

    BalasHapus
  2. Terimakasih, kalo arwana super red, berapah harganya?

    BalasHapus
  3. mahal banget silver 2jt, biasanya 300rb daoet gede

    BalasHapus
  4. Desa Empangau, penghasil Arwana Super Red
    https://www.youtube.com/watch?v=2TGJ4oHF-zc

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.